Perumda Air Minum Tirta Keumuneng Lakukan Penertiban Jaringan Distribusi Air Bersih ke Pelanggan

Tim Perumda Air Minum Tirta Keumuneng saat melakukan kegiatan penertiban jaringan distribusi air bersih ke pelanggan sebagai bagian dari upaya penataan layanan dan pemulihan kehilangan air (non revenue water/NRW) di wilayah Kota Langsa. Kamis, 20 November 2025. Foto/ist.

Perumda Air Minum Tirta Keumuneng Lakukan Penertiban Jaringan Distribusi Air Bersih ke Pelanggan

Tim Perumda Air Minum Tirta Keumuneng saat melakukan kegiatan penertiban jaringan distribusi air bersih ke pelanggan sebagai bagian dari upaya penataan layanan dan pemulihan kehilangan air (non revenue water/NRW) di wilayah Kota Langsa. Kamis, 20 November 2025. Foto/ist.

Berita Terkini, Eksklusif di WhatsApp MediaKontras.ID

MediaKontras.id | Perumda Air Minum Tirta Keumuneng Langsa kembali melakukan kegiatan penertiban jaringan distribusi air bersih di beberapa titik, sebagai bagian dari upaya penataan layanan dan pemulihan kehilangan air (non revenue water/NRW) di wilayah Kota Langsa. Kamis, 20 November 2025.

Direktur Perumda AM Tirta Keumuneng, T Faisal, mengatakan penertiban ini dilakukan secara terjadwal dan menyeluruh di seluruh rumah pelanggan tanpa pengecualian, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pemeriksaan difokuskan pada verifikasi sambungan yang tidak sesuai standar teknis serta memastikan jaringan distribusi tetap optimal dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Direktur Perumda Tirta Keumuneng Langsa menyampaikan bahwa langkah ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk memastikan setiap pelanggan menerima layanan air bersih yang adil, tertib, dan sesuai prosedur.

“Penertiban dilakukan secara menyeluruh, dan kami sangat mengapresiasi dukungan penuh dari pelanggan yang terbuka serta kooperatif dalam proses ini,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memastikan seluruh jaringan dalam kondisi tertib administrasi maupun teknis sehingga pendistribusian lancar dan optimal.

Hal ini menjadi pesan kuat bagi seluruh pelanggan agar taat aturan dan tidak melakukan penyambungan ilegal demi kenyamanan bersama.

Kegiatan penertiban meliputi Pemeriksaan fisik pipa dan sambungan, Validasi status pelanggan dan kategori penggunaan, Pemutusan sambungan tidak resmi, Penataan ulang jalur pipa distribusi untuk menstabilkan tekanan air di wilayah sekitar.

Lalu, Kalibrasi ulang meteran sekaligus penggantian meter rusak, dan Memastikan aksesoris perpipaan masih layak pakai.

Perumda Tirta Keumuneng menegaskan bahwa penertiban ini akan terus dilaksanakan di seluruh wilayah layanan tanpa terkecuali. Perusahaan juga mengajak seluruh pelanggan agar berpartisipasi menjaga ketertiban jaringan dengan memastikan sambungan air yang digunakan telah terdaftar dan sesuai ketentuan agar pelayanan lebih optimal demi kenyamanan bersama.

“Kami ingin memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat. Ketertiban jaringan adalah salah satu kunci agar seluruh pelanggan mendapatkan distribusi air bersih yang lancar, merata, dan berkelanjutan,” tutup Direktur. [ian]